Setelah hampir 6 bulan XDA (Sidia) terbengkalai akibat touchscreennya yang pecah dan sulit mencari sparepartnya, akhirnya kutemukan juga vendor lokal yang menyediakannya, Mas Thomas – http://www.ponseljakarta.com – mengatakan dengan yakin dia punya yang kucari selama ini (thanx God), tapi gak gratis zizizi…280rb sesuai n cincai lah…:-).

Barang sampe langsung kugarap, bongkar sana bongkar sini selesai juga, tapi kok waduhh…dudukannya gak pas, paksa aj bro, alhasil..”tek”…kudengar bunyi detakan kecil…..?? Oow..pecah lagi neh…*^$#%&$^ runyam, pikirku. Kutengoktengok, ah..iya pula…untung kecil saja di ujung pojok kanan atas retaknya, tak apalah sedikit. Pemasanganpun selesai.  Alasan ku sih cuma satu kenapa nih PDA kubela-belain di bagusin, Beli Pake UANG Susah broooww….!

Kulihat-lihat lumayanlah, tapi kok tampilannya jelek banget yakk???  Gak nyaman di mata (duh….). Iseng kucari-cari informasi, tanya pada guru BESAR Prof. DR. Mbah Google, dan ternyata ada beberapa artikel yang menjelaskannya (yang detail sedikit tersembunyi…zziziziiz……n pake bahasa Indonesia lagi…..).  Nah ku-CoPas aj di sini dengan sedikit perubahan sesuai dengan pengalamanku meng-Upgrade/Update WM2003 to WM 2006:

  • Tentukan pilihan ROM yang akan diinstall, pilihannya bisa dicek di forum WM6 XDA Dev atau di sini. Ekstrak dulu sebelum digunakan
  • Backup semua data, saya pribadi gak melakukannya,  biasanya sih menggunakan PPCPIMBackup yang bisa download di sini
  • Lakukan proses hard reset, caranya tekan tombol soft reset (lubang di kiri bawah device) + power (masa ga tau tempatnya?) d secara bersamaan, lalu tekan tombol record + camera (sisi sebelah kiri device).  Bootup pertama biasanya gagak dan booting seperti biasa, gak masalah, atau kalo kamu gak sabar ya hard reset aj langsung, LAGI, pengalamanku sih malah lebih cepet keluar layar ang kita pengenin. (Layar tancep…)
  • Boot up hingga selesai dan device bisa digunakan kembali
  • Masuk ke bootloader menu, bisa dilakukan dengan menekan tombol power + soft reset + record (letaknya sudah tahu kan) hingga lampu layar akan mati dan keluar tulisan SERIAL. Letakkan device pada craddle-nya hingga keluar tulisan USB, jangan lupa tancapkan juga kabel powernya ke CPU via USB.
  • Lakukan eksekusi ROM dari PC, biasanya dengan menjalankan MaUpgradeUt_noID.exe atau file exe sejenis di dalam paket ROM yang sudah diinstall
  • Tunggu hingga proses flashing ROM selesai, bisa ditinggal mandi, makan, ato sejenisnya. Yang jelas, jauhkan dari jangkauan anak kecil ;))
  • Setelah selesai, lakukan soft reset seperti biasa, dan device Anda sudah berubah ROM >

Terakhir kali upgrade saat Xplode baru saja mengeluarkan versi update dari WM6.1 yang dia “masak”, seluruh proses hanya memakan waktu 15 menit, aku lakukan sebelum berangkat kerja D Tentu saja tidak termasuk proses download ROM p. (Sumber: http://seno.or.id)