“Seharusnya band Indie merupakan band yang beridealis dengan karakter musikalitas dan menghasilkan sesuatu yang baru berdasarkan eksperimennya tanpa mengikuti trend, sekaligus mereka melakukan aktivitas band secara mandiri, seperti menitipkan demo ke radio, mencari gigs hingga memproduksi album. Apalagi pegenalan dan penjualan karya sudah dapat dilakukan melalui teknologi internet.” kutipan dari http://www.indiebandung.com

Yups, saya sangat setuju dengan pendapat ini.  Kebanyakan anak musik jaman sekarang menganggap ketika mereka memainkan sebuah lagu, entah pop, dangdut, metal , rap, hiphop, atau apalah lainnya yang saya juga gak ngerti lagi karena kebanyakan istilah, yang berbau trend saat ini, lalu meng-klaim dirinya sebagai band INDIE!!! Dengan label indie mereka bangga di hadapan kawan-kawannya.  Bisakah mereka membedakan antara MAJOR label, INDIE label, atau MINOR label?

Sejauh yang saya kenal, INDIE berasal dari kata INDEPENDENT = kemerdekaan!!  Artinya band indie adalah sekelompok pemain musik yang mempunyai idealisme dalam bermusik yang merdeka dalam mengekspresikan idealismenya itu, tanpa terpengaruh oleh trend yang ada.  Pernah denger lagunya ROTOR – Nadya, …”…idealisme harus dijaga, biar gini aja..musik pun susah dijual, biar gini aja”.

Tapi kalo sekarang, ya itu di atas tadi, baru coba-coba membuat lagu sendiri yg ikutan trend, atau jiplak lagu-lagu musisi laen dari negeri antah barantah, udah bilang “aku anak indie”.  Weleh–weleh jan….kalo kamu bisa bermain musik dan menciptakan lagu mengikuti selera pasar, tapi blom ada produser yang tertarik sama kamu, ya itu namanya belom nasib untuk masuk MAJOR label, artinya masih MINOR label (wahh aku buat istilah sendiri nih).  Trus kalo dengan PAS Band gimana?? (sebagai contoh). Mereka awalnya adalah band indie, menurut pandanganku pribadi, simak lagu-lagu mereka pada album-album pertama, punya ciri khas yang gak mengikuti trend, mereka ada idealisme bermusik, sampai sekarang. tak percaya, simak saja lagu-lagu mereka. Gak akan bersahabat dengan telinga sulit “dicerna” makanan kalee…

Satu hal yang harus diingat oleh semua, kenapa di luar negeri (seperti tempatnya Om Sam) band-band indie begitu eksis dan punya penggemar fanatik?? Itu karena mereka menjaga idealisme bermusik mereka, gak terpengaruh dengan trend yang ada. Pokoknya bermusik sesuai idealisme, titik, ini harga mati untuk mereka.