Fuihh….cape juga setelah berlama-lama ngetik translate English – Indonesia (belajar nih, ada tugas dari dosen..zizizi…), iseng-iseng kuputar deh mp3..”bila aku jatuh cinta..”…blip..tiba2 ada laya kecil di pojok kakan bawah laptopku, waahhh…baterenya udah mo abis @#$%#^.

Pasti gak asik kan kalo kita dapet kejadian kayak gitu?? Walaupun sebenarnya kita secara tidak sadar terkadang memang memboroskan pemakaian baterai laptop kita.  Nah berikut ini 14 hal yang dapat dilakukan untuk menghemat baterai laptop:

1. Matikan yang tidak diperlukan.  Biasanya kita lupa mematikan Bluetooth dan Wi-Fi setelah digunakan.  Sekarang kan sudah banyak fasilitas satu tombol untuk ON/OFF perangkat itu, tinggal “klik”.

2. Turunkan ke-terang-an layar monitor.  Dalam kondisi tertentu kita membutuhkan layar monitor yang lebih berpendar utnuk membuat mata kita nyaman. Tapi coba bayangkan jika kita dalam keadaan gelap dengan layar yag gemerlap…sakit tuh mata! Turunkan ke-terang-annya, karena konsumsi baterai laptop paling banyak untuk layar.

3. Lepaskan peralatan yang tidak perlu.  Colok iPod, USB flashdisk, 3G data card, and so on. Peralatannya sih kecil, tapi kalo 5 alat masing2 2 watt = 10 watt juga kan konsumsi dayanya, terus baterai laptop kemampuannya berapa watt??

4. Optimasi Pengaturan Daya.  Di Windows XP, Vista, Unix terdapat fasilitas hemat konsumsi daya, coba klik ke Control Panel –> Power Option, pastikan sevice untuk menghemat listrik, seperti: matikan layar atau harddisk jika tidak digunakan untuk waktu ….(pilih saja 1 menit, gak masalah kok)

5. Perhatikan baterai.  Banyak orang percaya Lithium-Ion baterai tak perlu di charge sampai penuh, kira2 kalo gak penuh lalu kita berpikir kinerjanya bakalan maksimal?? Jangan ambil resiko, charge sampai penuh jika ada kesempatan!!

6. Jangan gunakan service grapik yang tidak perlu.  Sistem operasi sekarang memanjakan mata penggunanya dnegan tampilan yang menawan, resikonya kartu grafis kerja lebih keras, konsekuensinya?? Daya yang diperlukan semakin banyak!! Bahkan katru grafis Nvidia 9400M yang digunakan oleh MacBook, masih menggunakan daya sebesar 12watt.  Cobalah buang beberapa keindahan untuk mata anda sebentar saja (kan kalo hanya pakai laptop tanpa asupan listrik om PLN).

7. Gunakan memori yang besar.  Data yang disimpan atau dibaca dari harddisk yang di proses memori, jika terlalu besar akan menggunakan ruangan cadangan (virtual/swap memory) diharddisk. Keadaan ini memaksa harddisk berputar lebih banyak, daya diperlukan untk menggerakkannya.  Berikan tambahan memori (RAM) pada laptop, karena RAM mengkonsumsi daya lebih sedikit dibandingkan harddisk.

8. Kerjakan pekerjaan prioritas.!! Pasti kan?

9. Atur Hibernasi (hibernation).  Atur waktu hibernasi laptop anda, jadi jika komputer ditinggal untuk waktu yg agak lama secara otomatis akan hibernasi, berhenti sememtara semua sistemnya, daya?? sangat sedikit dikonsumsi.

10. Keluarkan CD/kepingan disk dari disk drive-nya.  Selama CD masih berada dalam drive, terkadang drive akan memutarnya secara otmatis terutama jika kita sedang mencari file di folder tertentu.  Gunakan CD dengan bijak.

11. Jangan install aplikasi dari CD.  Semakin sering putaran CD drive, semakin besar konsumsi daya.  Instalasi sebaiknya menggunakan flasdisk.

12. Matikan/kecilkan volume speaker.  untuk menghasilkan suara, speaker mambutuhkan asupan daya untuk menggerakkan membrannya. Semakin besar daya yang diberikan, semakin besar suaranya. Well, dengarkan musik dahulu atau kerja dulu, atau keduanya???

13. Defrag harddisk secara teratur.  Dengan defrag, kita mengatur ulang susunan file, so memori akan lebih mudah mencari file jika susunannya teratur.  Tapi lakukan defragmenter ketika anda menggunakan aliran listrik ya, bukan sedang menggunakan baterai.

14. Kurangi aplikasi background. Aplikasinya dapat berupa “Search”, “Schedule Task”, and etc. MAtikan saja jika sedang tidak digunakan.

Nah selamat mencoba tips di atas, semoga yang kita keluhkan selama ini bisa diatasi. Buat yg mendukung isu pencegahan pemanasan global ini mungkin bisa menjadi acuan juga ya..heheh…..