Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bersama 11 kabupaten/kota menerima 3.948 calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) untuk formasi tahun 2008. Penerimaan pegawai tahun ini didominasi tenaga guru, medis, dan tenaga teknis.

“Penerimaan tahun ini hanya untuk formasi tambahan. Pendaftarannya mulai dibuka pada 3–8 November mendatang. Sedangkan lamaran dikirimkan melalui kantor pos,” kata Ketua Panitia Seleksi CPNSD Lampung Irham Jafar Lan Putra di Bandar Lampung, Kamis (30-10).

Melalui selebaran pengumuman yang diteken Irham bersama 11 sekretaris kabupaten/kota se-Lampung ditulis bahwa pelamar yang memenuhi syarat akan diberikan nomor tanda peserta ujian dan dikirimkan mulai tanggal 10–18 November 2008. “Ujian penyaringan dilaksanakan pada 30 November mulai pukul 08.30 hingga selesai. Tempat ujiannya akan ditentukan kemudian di setiap kabupaten/kota,” kata Irham yang juga Sekprov Lampung.

Masih menurut Irham, jenis materi yang diujikan antara lain tes kompetensi dasar, pengetahuan umum, tes bakat skolastik, tes skala kematangan. Bagi pelamar olahragawan/pelatih olahraga berprestasi, ditambah tes kompetensi bidang. “Bagi pelamar olahragawan/pelatih ini lamaran diantar langsung ke kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Lampung.”

Persyaratan bagi pelamar olahragawan ini, lanjut dia, memiliki prestasi yang nyata dengan medali baik tingkat nasional maupun internasional. Asian Games atau olimpiade minimal juara III (medali perunggu). Pekan olahraga SEA Games minimal memiliki juara II (perak), dan Pekan Olahraga Nasional/Pekan Olahraga Cacat Nasional sebagai juara I (medali emas). Juara itu dibuktikan dengan piagam/sertifikat.

Formasi calon pegawai itu bakal ditempatkan di Pemprov Lampung sebanyak 157 orang, Kota Bandar Lampung (344), Metro (205), Kabupaten Lampung Timur (382), Lampung Selatan (366), Tanggamus (300), Tulangbawang (307), Way Kanan (365), Lampung Utara (333), Lampung Barat (333), Lampung Tengah (333), dan Kabupaten Pesawaran 423 orang.

Jumlah tenaga guru se-Lampung yang diterima untuk formasi 2008 ini sebanyak 2.489 orang, tenaga medis (dokter, perawat, bidan, apoteker) 887 orang, dan tenaga teknis berjumlah 572 orang. n */R-1 * = Padli Ramdan Sumber: http://www.lampungpost.com/