WAaaa…dolar menembus angka 11.000 rupiah lebih, menyenangkan sekaligus mengerikan.  Dampak krisis di negeri Om Sam ternyata berimbas besar ke hampir seluruh negara di dunia. Tanya ken APA? Udah deh jangan dipikirin tambah pusing…

Bulan Agustus 2008 lalu harga kopi di tingkat petani masih menyentuh level Rp. 16.500 per kg itu harga dolar masih seputaran Rp. 9.300 lho.., merambat turun pada bulan September 2008, itu masih wajar karena di beberapa negara lain ikutan panen kopi, so hukum ekonomi berlaku.  Nah, kalo dolar naek logikanya harga kopi naek dong, kan harga kopi ditentukan harga market London dan New York yang seyogianya transaksi menggunakan dolar Om Sam.  Ternyata TIDAK!!  Harga di tingkat petani anjlok, mencapai Rp. 11.000 per kg. Oow… kenapa?? Jangan tanya ken APA??? 

Untuk sementara ini hampir semua perusahaan “wait and see”, tunggu dan lihat yang terjadi.  Dalam buku Taiko – Eiji Yoshikawa, dituliskan bait dongeng Jepang yang menceritakan perilaku 3 tokoh Shogun terkenal Lord Ieyasu, Lord Nobunaga, dan Lord Hideyoshi tatkala mereka melihat seekor burung yang diam. Nobunaga berkata “Kejar dan tangkap burung itu”.  Ieyasu lebih dingin “Tunggu dan lihat”. sedangkan Hideyoshi dengan segala kecerdikannya bilang “Buat burung itu berkicau”.  Ketiga pendapat itu mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing, ini sudah hukum alam. Dan sepertinya sekarang ini semua pihak cenderung menjadi Lord Ieyasu “tunggu dan lihat”. Satu hal yang harus dicermati adalah sampai kapan dan sejauh mana krisis global ini akan terjadi.  Kita tidak boleh terus menjadi Lord Ieyasu, ada saatnya kita harus menjadi Lord Hideyoshi. 

Nah balik lagi ke kopi, realitanya dengan kondisi seperti ini akan banyak pengusaha kopi yang bangkrut alias gulung tikar alias merugi alias apalah istilah lainnya yang pasti RUGI.  Untuk sebagian orang ini kesempatan, untuk sebagian yang lain ini adalah mimpi buruk, ingat PEDANG BERMATA DUA. Tetapi sepertinya masalah ini tak perlu terlalu ditakutkan kenapa?? Simple jawabannya, Semakin orang Stress, semakin banyak orang minum KOPI, anda percaya??  … terserah dengan jawaban anda… yang pasti kondisi jenuh akan segera tecapai dan semua roda perekonomian akan kembali normal walaupun dengan sulit diawalnya.