well….mungkin sudah banyak tulisan di dunia ini yang menjelaskan tentang kopi Lampung. Hmmm….mungkin sebagian besar hanya menjelaskan masalah rasa, nikmat kabarnya.  Nah, saya hanya ingin berbagi sedikit informasi tentang darimana kopi itu berasal.  Karena perlu diketahui, tidak semua kopi yang di atau dari Lampung, semuanya berasal dari daerah Lampung, karena Lampung adalah muara penjualan kopi dari Bengkulu dan Sumatera Selatan (Segitiga Emas Kopi). Di Lampung, terdapat 3 sentra kopi Robusta: (1) Kabupaten Lampung Barat (potensi produksi 60.000 ton, terbanyak di Lampung mungkin Indonesia); (2) Kabupaten Tanggamus (potensi produksi 40.000 ton) ; dan (3) Kabupaten Lampung Utara (potensi produksi 20.000 ton).

Dimana letaknya dan bagaimana caranya?? Itu pasti pertanyaan berikutnya jika Anda benar-benar penikmat kopi dan ingin menikmati minuman berwarna hitam ini dari asalnya (origin) dengan ditemani kabut yang perlahan menembus jaket (brrerrr…dingin….tapi enak).  Untuk dapat menuju daerah tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan jalur darat, banyak tersedia angkutan untuk itu, terutama bus dengan waktu perjalanan 2 – 4 jam. Dimana mencari bus tersebut? wahhh mudah banget, di Lampung hanya ada 1 terminal antar kota, satu-satunya dan terbesar Terminal Rajabasa, jalurnya sebagai berikut: 

  • Ke Kabupaten Lampung Barat (Liwa) : Terminal Rajabasa – naik bus jurusan Liwa atau Krui – (Anda dapat berhenti di daerah) Sumber Jaya (rest area) – Fajar Bulan – Sekincau – Batu Brak – Liwa – Krui.
  • Ke Kabupaten Tanggamus : Terminal Rajabasa – naik bus jurusan Kota Agung – (Anda dapat berhenti di daerah) Pagelaran – Gisting – Talang Padang – Kota Agung.  Ada yang menyaakan Anda berhenti di Gisting/Talang Padang lalu lanjutkan ke Ulu Belu (Sentra kopi Tanggamus).
  • Ke Kabupaten Lampung Utara : Terminal Rajabasa – naik bus jurusan Banjit atau Bukit Kemuning – langsung menuju Bukit Kemuning.

Nah di tiga daerah tersebut adalah penghasil kopi utama di Lampung.  Saya menyarankan untuk dapat menikmati rasa kopi asli, ketika Anda berkunjung ke daerah tersebut (terutama Lampung Barat; Sumber Jaya, Fajar Bulan; dan Sekincau) singgahlah di rumah-rumah petani yang berada di perbukitannya, katakan saja Anda pelancong yang sedang mencari kopi asli, dengan senang hati mereka akan menyuguhkan kopi asli yang mereka miliki (yang terbaik yang mereka miliki).  Jangan pesimis dulu dengan cara tersebut….BUKTIKAN jika tidak percaya….. Alasan saya menyarankan hal ini adalah karena mereka seperti kita pada umumnya, selalu manyimpan barang terbaik untuk diri sendiri, benar kan?? Nah begitu juga dengan mereka. Selalu menyimpan kopi terbaik untuk konsumsi diri sendiri, kopi ROBUSTA pilihan.  Penasaran…..? Coba saja…