Secara botani, biji kopi umumnya dapat dibedakan sebagai Arabika dan Robusta. Robusta biasanya diproduksi untuk kepentingan komersial, salah satu contoh produknya adalan kopi instan (celup pake aer anget langsung minum…slruuup). Sedangkan Arabika, lebih lezat dinikmati jika sudah lama disimpan (tapi dengan cara yang baik ya… dan untuk rasa sepertinya setiap orang memiliki standar masih-masing deh, aku sih lebih milih yang campuran…. Look at below…..

Sangrai (Proses Penggorengan).  Walaupun faktor-faktor pendukung pertumbuhan tanaman kopi dapat memberikan rasa dan aroma khas, proses penggorengan (sangrai) kopi sangat menentukan terhadap rasa dan aroma yang dihasilkan secara keseluruhan. Secara umum, jika biji kopi di-sangrai tidak terlalu matang (berwarna coklat muda), kopi akan terasa “lembut”, dan jika di-sangrai sampai matang (berwarna coklat), rasa dan aroma kopi akan terasa lebih “kental” dan “keras”. Kebanyakan orang di Indonesia mengkonsumsi “arang” kopi, kalau tak percaya coba saja lihat kopi yang beredar di pasar lokal, warnanya coklat tua.

Tipe kopi juga sangat mempengaruhi cara penggorengan (sangrai).  Peracik (pesangrai) professional dapat menilai dan menentukan cara yang tepat agar rasa yang dihasilkan kopi “pas” dengan karakteristik asli kopi. Saat proses penggorengan (sangrai) beberapa produsen/pabrik memberikan tambahan cokelat (kakao), cinnamos, kacang, dan bahan lainnya untuk memberikan cita rasa lebih pada kopi.  Dengan alasan ini sebaiknya Anda mengetahui warna kopi asli dibandingkan warna yang dihasilkan dari pewarna buatan atau perisa (penambah rasa).

Kebanyakan orang memilih menggoreng kopi di rumah dengan harapan dapat menghasilkan kopi yang “fresh”. Untuk dapat memperoleh rasa kopi “fresh” yang diinginkan sebaiknya kopi dibiarkan setidaknya 24 jam sebelum di-sangrai (goreng), walaupun tidak menjamin sepenuhnya terhadap rasa yang dihasilkan, setidaknya Anda mempunyai pilihan untuk rasa.

Untuk menikmati rasa clan aroma yang maksimal dari kopi, gunakanlah air yang berkualitas. Apabila air di rumah mengandung zat besi, gunakanlah penyaring air clan jangan menggunakan air sulingan karena dapat mengubah rasa kopi tersebut. Gunakanlah air yang telah mendidih agar seluruh rasa kopi lebih tajam saat diminum. Tunggulah sekitar 30-60 detik sebelum menuangkannya ke dalam gelas.
Pencampuran Kopi.  Pencampuran akan mempengaruhi keseluruhan rasa kopi, karena biji yang diolah juga berbeda dan memiliki karateristik rasa yang berbeda pula.  Kopi yang paling umumn dicampur adalah “mocha-java”, yang merupakan campuran kopi Jawa-Indonesia dan Moka-Yaman untuk menghasilkan rasa yang “tajam” dan spesial. Hal yang sangat baik dalam pencampuran biji kopi adalah Anda dapat mencampur rasa apapun yang diinginkan. Kebanyakan perusahaan memiliki rekaman (record) tentang campuran tersebut sebagai bahan perbandingan pada waktu pembelian kembali kopi tersebut sehingga cita rasa dapat terjaga.

Penyimpanan Kopi Kalau sudah kita putuskan menggoreng (sangrai) kopi langkah selanjutnya adalah penyimpanan.  Terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk penyimpanan kopi bubuk, antara lain:

  • Simpan kopi di dalam tempat tertutup dan letakkan di tempat dingin dan kering, dengan suhu sekitar 50-70 derajat Fahrenheit atau sekitar 5°Celsius.
  • Jangan menaruh di dekat kompor, oven atau daerah yang mungkin terkena sinar matahari dan lampu karena suhunya bisa saja terlalu panas clan memengaruhi kualitas kopi.
  • Sebaiknya, jangan menyimpan kopi ke dalam frezeer. Namun bila membeli dalam jumlah banyak, pisahkan sebagian kecil-yang akan digunakan sehari-hari- dan masukkan sisanya ke dalam plastik kedap udara clan simpan di dalam freezer. Namun bila sekali dikeluarkan dari freezer, jangan dimasukkan kembali karena perubahan suhu yang terjadi akan menimbulkan lembab sehingga memengaruhi kualitas kopi Segera letakkan kopi tersebut di tempat kering clan dingin.
  • Biasakan untuk membeli kopi hanya sebatas kebutuhan selama seminggu atau 2 minggu. Dengan begini, kita tak perlu menyimpan kopi terlalu lama dan kesegarannya pun tetap terjaga.

Secangkir kopi di sore hari, ditemani pisang goreng keju, sambil baca tabloid kesayangan ditemani isteri……wahhhh…..pasti rasanya ………………