AWAL MuLA, cerita dimulai…..
Ada sebuah legenda (kalo legenda bias bener bisa salah ya….wong gak ada bukti otentiknya, tapi kadangan aku sih percaya kok sepanjang logis, heheh….), kopi pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Kaldi, seorang gembala domba/kambing.  Suatu hari, dia memperhatikan domba yang digembalanya tidak beristirahat di waktu malam setelah makan semacam semak berbuah dari sekitar bebatuan tertentu.  Merasa penasaran Kaldi mencoba memakan buah (biji) yang biasa dimakan domba gembalanya pada siang hari, dan hasilnya mengejutkan, dia terjaga semalaman. (Hehehehh, kasian ya….apalagi kalo sendirian n gak bisa tidur akhhhh……). Lalu ia menceritakan pengalamannya tersebut kepada teman-temannya, hasilnya??? Dapat ditebak, cerita merebak luas dan orang-orang mencoba apa yang dilakukan Kaldi….

Cerita Lengkapnya niH:

Nukilan dari The UTNE READER, Nov/Dec 94, oleh Mark Schapiro, “Muddy Waters”

Sebelum – 1000 M: Para anggota klan Galla di Ethiopia memperhatikan jikalau mereka merasakan memiliki energi lebih setelah mengkonsumsi dari biji semak tertentu yang dicampur dengan lemak hewan.

1000 M:  Pedagang Arab membawa kopi ke dataran Arab untuk dibudidayakan secara luas untuk pertama kalinya (kalo di Arab yang padang pasir aj bias, kenapa di Indonesia keadannya menyedihkan ya…?). Mereka juga memulai untuk memasak biji kopi sampai mendidih, dan membuat minuman yang dikenal sebagai “qahwa” (yang artinya, mencegah tidur).

1453: Kopi diperkenalkan ke Konstantinopel oleh Ottoman Turks. Toko kopi pertama di dunia di buka di tempat tersebut, bernama Kiva Han, tahun 1475. Bangsa Turki mengesahkan undang-undang yang mengijinkan wanita menceraikan suaminya jika sang suami tidak dapat memberikan (menyediakan) kopi dalam jumlah yang telah ditentukan oleh wanita setiap harii!!!!.(kebayang deh aku gimana susahnya pria di sana pada waktu itu….iks……sungguh kejam)

1511: Khair Beg, Gubernur Mekkah yang korup, mencoba mencegah “perkembangan” kopi karena hal ini di khawatirkan akan membantu munculnya “musuh” dan melawan hukum yang dibuatnya. Sultan mengirimkan surat perintah kepada para Gubernur yang menjelaskan bahwa kopi adalah “suci” dan mereka mematuhinya.

1600: Kopi diperkenalkan ke daerah Barat oleh pedagang Italia, dan mendapat perhatian untuk kalangan “high class”.

 1607: Kapten John Smith membantu membuat satu koloni di daerah Jamestown, Virginia. Keadaan ini diyakini sebagai awal mula diperkenalkannya kopi di daerah Amerika Utara.

1645: Rumah kopi pertama kali di Italia didirikan.

1652: Rumah kopi pertama di Inggris dibuka.

1668: Kopi menggantikan bir sebagai minuman favorit untuk sarapan pagi di New York.

1668: Edward Lloyd’s dibuka di Inggris dan banyak dikunjungi pedagang dan para agen asuransi kelautan. Sekarang menjadi Lloyd’s of London, salah satu agen asuransi terbaik di dunia.

 1672: Rumah kopi pertama dibuka di Paris.

1690: Tanaman kopi diselundupkan keluar dari Arab melalui pelabuhan Mocha, bangsa Belanda adalah yang pertama mengirimkan dan membudidayakan kopi secara komersial, di Ceylon dan daerah jajahan di India-Timur (East Indian)- termasuk Jawa, salah satu nama “brew’s” (olahan) kopi.

1721: Rumah kopi pertama didirikan di Berlin.

1727: Industri kopi di Brazil dimulai ketika Letnan Kolonel Francisco de Melo Palheta ditugaskan menjaga perbatasan antara Perancis dan Belanda, di Guiana.
1732: Johann Sevastian Bach membuat komposisi lagu Kaffee-Kantate. “Ah! How sweet coffee taste! Lovelier than a thousand kisses, sweeter far than muscatel wine! I must have my coffee.”

1773: Munculnya ritual The Boston Tea Party, Amerika,  meminum kopi sebagai pengantar bagi orang yang melakukan tugas negara (patriotik).

1775: Di Prussia, Frederick mencoba melarang impor kopi, karena kondisi Prussia sedang dilanda kemiskinan. Publik memprotes kebijakan tersebut dan memaksanya mengubah pikiran.

1886: Dibentuknya persatuan grosir kopi oleh Joel Cheek, namanya popular sebagai “Maxwell House”.

Early 1900’s: DI Jerman mengkonsumsi kopi di sore hari menjadi kebiasaan.
1900: Hills Bros, memulai mengemas kopi sangrai (goreng) dalam plastik hampa udara dan menjajakannya di toko-toko.

1901: Kopi instan pertama ditemukan oleh ilmuwan kimia Jepang-Amerika Satori Kato, Chicago.

1903: Importer kopi Jerman, Ludwig Roselius, melakukan proses penghilangan-kafein tanpa merusak rasa asli kopi. Kopi tersebut dijual dengan merek e “Sanka”, diperkenalkan di Amerika tahun 1923.

1906: George Constant Washington, ahli kimia berkebangsan Inggris yang hidup di Guatemala, membuat kopi instan pertama untuk publik dengan merek Red E Coffee.

1920: Penjualan kopi menjadi “booming” di Amerika.

1938: Nestle membangun Nescafe dan memperkenalkannya di Swiss.

1940: Amerika Serikat mengimpor 70% kopi dunia.

1942: Selama Perang Dunia ke II, tentara Amerika “pasti” membawa kopi instan Maxwell House di antara peralatannya.

1946: Di Italia, Achilles Gaggia menyempurnakan mesin espresso buatannya. Nama Cappuccino diambil dari warnanya yang mirip dengan warna jubah pendeta Capuchin yang memesan.

1971: Starbucks membuka toko pertamanya di Seattle’s Pike Place.

1971 – 2008 : aku blom punya arsipnya…..hehehe……

Yang pasti sekarang ini, sepertinya pasar kopi terbuka lebar terutama untuk negara-negara Eropa, gak percaya?? Liat aja tuh, banyak bener sejarahnya untuk wilayah Eropa,dan juga ada data lain kok yang mendukungnya, tapi sekarang aku gak tau naro dimana tuh data…..heheh…..